Translate

Bogor dan sekitarnya, one day tour

Bogor itu... bagi orang Jakarta adalah halaman belakang rumah. Tempat bersantai, kata lainnya. Cerita saya dibawah ini mungkin bisa menginspirasi buat family yang mau liburan dengan waktu yang sangat terbatas ( cukup 12 jam saja ). Untuk tujuan wisata family yang terbaik menurut saya adalah yang mendekatkan diri ke alam. bukan ke toko alias shopping. Khusus untuk orang Jakarta, bogor adalah pilihan yang terdekat untuk wisata alam dengan suasana pegunungan.
 
Dibawah ini ide itinerary yang mungkin bisa menginspirasi :
 
Pkl 08:00-09:00 , Perjalanan Jakarta- Tajur-Bogor, kalau dalam kondisi normal bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit  terhitung dari KM 0 tol jagorawi. Perjalanan ke arah sana saja sudah cukup indah dengan dikelilingi bukit dan gunung. Kalo agak macet di tol dan mampir untuk ke Double You See ( WC .. maksudnya ) kira kira 1 jaman baru sampe.
 
Pkl 09:00, kebetulan hari waktu kami berangkat bertepatan dengan idul adha, jadi tempat yang kami ingin tuju " Kuntum farm field "baru buka pukul 10.00. Nach dari pada nunggu, kami makan di resto yang ada didepan area Kuntum Farmfield. setelah muter2 liat menu, mata saya tertuju sama satu restoran gaya padang tapi masakan sunda... ehm enak nech, kebetulan belum sarapan. Pas nyampe dimeja, liat porsi sayurnya wah... besar benar ya ? jengkol aja sepiring gede,, waduh... Eh ternyata setelah ditanya yang punya,,dia bilang " makan aja yang secukupnya pak, bayarannya bukan diitung dari berapa banyak makannya tapi berapa banyak jenis yang diambil,, jumlah ngambilnya mach terserah sekuatnya aja.. ". ohwww.... hehehe boleh juga nech kedai idenya. Rasa masakannya enak juga loh.. dengan harga yang ngak terlalu mahal.. kebetulan saya makan jengkol, daun ubi, ayam goreng, ikan goreng, tempe, pokoknya banyaklah.. kira2 100rb untuk 5 org. Ini saya rekomendasikanlah kalo mau kunjungan ke sini, untuk makan ditempat bapak ini.
 
 




Pkl 10.00, nach sesudah puas makan, kita lanjutkan masuk ke lokasi. Masuk ke lokasi perlu bayar rp. 30.000,-/org... ehm lumayan juga harganya, tapi saya rasa cukup sepadan dengan apa yang mereka siapkan, fasilitas dll cukup bagus sekali. Setelah pemerikasaan karcis kita di berikan topi caping. nach yang ini perlu dibawa karena udaranya cukup panas. Tempat ini menyajikan interaksi yang cukup bagus dengan binatang yang berada di peternakan. Anak anak sangat menyukainya. Ada pemberian pakan ternak, susu dan juga pengunjung diberikan kebebasan untuk memegang ternak. Kondisi ternak relative terjaga kebersihannya. Cara mereka menata lokasi sangat bagus. Cuma sayang lokasi pertaniannya belum cukup dikembangkan atau memang pengunjung lebih fokus wisata peternakan dibanding pertanian. Waktu pertama kali masuk..saya terbawa seperti mimpi waktu masa kecil terwujud, punya peternakan dan pertanian sendiri.. ehm mimpi yang sebetulnya sampe sekarang juga masih mimpi punya yang seperti ini sich...amin amin semoga cepat terwujud.
 






 



 
 
Pkl. 12.00, setelah puas bermain binatang dan berkeliling.. eh ternyata disana ada juga tempat memancingnya. Kolamnya ngak terlalu besar sich,, tapi cukup untuk melatih anak kemampuan dasar bertahan hidup, alias memancing. Pancingannya perlu sewa atau boleh bawa sendiri. Ikan hasil pancingannya nanti di kiloiin, baru dibayar. Ikannya cuma ada mujair dan mas. Kali ini kita dapet 1 kilo mas, ada 5 ekor.
 


Pkl 14.00, setelah lebih dari 2 jam kepanasan, mancing ikan,, kita lanjutkan dengan berkeliling, menuju pemeliharaan kuda. Kalau mau naik kuda perlu membeli voucher.  Secara umum tempat ini layak dan bagus untuk dikunjungi. Aman buat anak anak.
 



 
 
Pkl. 15.00, setelah puas main di " kuntum" kita lanjutkan perjalanan ke Bogor. Sebetulnya ditengah jalan ada wisata belanja di Tajur,, tapi berhubungan saya dan istri ngak terlalu suka belanja,, kita lewatin... menuju tempat makan. nach bogor itu mirip bandung, banyak tempat makan yang unik dengan suasana yang keren banget. kali ini pilihannya adalah warung gumbira, yang ada dijantung kota Bogor. Konsepnya mirp foodcourt, tapi suasanannya enak, harga juga terjangkau.
 

 
 




 
 
 
 
 
 
 
 

Pkl. 16.00 ,, mau pulang ke Jakarta kayaknya tanggung nech...Abis makan berat enaknya makan yang manis2... ya udah 10 langkah dari warung gumbira ada pastry.. jadilah kami nongkrong kembali kesana.. bagusnya tempat ini berkonsep rumah colonial,, bagus buat foto2 dan minum kopi dengan ditemani kue coklat yang manis.



Akhirnya pukul 17:00, kita putusin kembali dach kejakarta.. udah capek juga...Tapi perjalanan hari ini ok. Biayanya ngak terlalu mahal untuk satu keluarga, tapi banyak yang bisa dilakukan....