Translate

Transportasi di Nusa Lembongan dan Ceningan

Transportasi di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

Jika kamu suka petualangan outdoor dan memilih kebebasan waktu jauh dari hiruk pikuk bisnis wisata modern, privasi dan ketenangan, Nusa lembongan dan ceningan adalah pilihan paling tepat di Bali.

Dibawah ini tips transportasi dari saya yang perlu kamu ketahui sebelum ke Nusa Lembongan

A. Transportasi Menuju Lembongan dari Bali

1. Satu satunya transport ke nusa lembongan gunakan kapal dari Pantai Sanur. Banyak sekali penyedia kapal. Bisa langsung kesana on the spot atau beli on line. Saran saya beli online biar lebih aman. Mereka menerapkan harga lokal dan asing. Beli PP lebih murah juga.
2.Yang perlu diperhatikan, kapal ada turun di Jungut batu dan Mushroom beach. Itu tergantung dari pilihan kamu mau kemana.
3. Waktu naik kapal, tidak ada dermaga Khusus, musti turun kepantai, berbasah basahan baru naik ke kapal. Memang agak sulit bagi yang berkebutuhan khusus atau mempunyai hambatan dalam berjalan, ibu hamil tidak dianjurkan.
4. Waktu tempuh 30-40 menit, kapalnya menampung kira2 50an org, TANPA WC ( jadi musti siap2 sebelum naik kapal )






B. Transportasi Selama di Lembongan.

Selama di nusa lembongan dan ceningan , akses tranportasi umumnya sangat terbatas.  3 jenis yang umum ada di lembongan :
1. Pick Up ( biasanya dipakai pihak hotel/kapal untuk mengantar tamu dari pelabuhan ke hotel dan sebaliknya. Bisa juga di sewa buat keliling pulau lembongan.
2. Mobil golf, tapi jenis ini terbatas jangkauan aksesnya, tidak semua lokasi pulau bisa terjangkau
3. Motor , nach ini pilihan paling efektif. Karena bisa jangkau semua lokasi. Biaya sewa Rp.80.000,- perhari termasuk bensin. Kalau pakai beberapa hari bisa nego. Saran saya begitu turun kapal, langsung saja sewa motor di pelabuhan, langsung bisa dipakai jalan2. Kalau yang ini tidak perlu booking, langsung saja ditempat. Satu lagi keuntungan sewa motor, kita punya akses mengunjungi pulau nusa ceningan nusa lembongan PP lewat jembatan kuning.
4. Pom bensin sangat jarang disana, bensin dijual eceran perbotol +-2 liter harga rp30.000 an

Secara umum kondisi jalan utama sudah beraspal, dibeberapa bagian masih jalan berbatu.