Translate

Tips Bersantap kala berwisata

Dibawah ini beberapa tips bersantap kalau anda melakukan perjalanan wisata :
 
1. Jalan jalan asik itu, jika kita berbaur dengan masyarakat lokal, makan apa yg mereka makan. Usul saya sich, jangan sarapan di hotel atau makan direstoran mewah ( walaupun saya yakin anda bisa membayarnya ). Makanlah food street, berbaur dengan masyarakat local. Anda akan merasakan sensasi yg berbeda, anda akan berinstraksi secara social dengan mereka.


Sarapan dengan local food menu
di salah satu kopitiam di Belitung

 
2. Makanlah ditempat yang kira2 ramai dikunjungi, setidaknya ada antrian. Ada antrian artinya makanan enak atau murah. Jangan sungkan dan risih makan di restoran yang sederhana, yang penting tempat makannya bersih dan layak, dan tidak harus memiliki view yg Indah, karena biasanya tempat makan yg punya view indah lebih mahal.


Salah satu resto yg ngantrinya luar biasa, apalagi kalo anda salah milih waktu makan.
 
 
3. Datanglah sebelum jam makan atau sesudah jam makan, sehingga anda tidak kesulitan dan membuang waktu dengan mengantri makanan.


Rest No 6 di Phuket, ruamenya dasyat
4. Menu Sarapan. Tanyalah pihak hotel dimana lokasi pasar tradisonal terdekat, pergilah kesana lihatlah apa yg mereka jual. Kita akan menemukan banyak bahan makanan atau masakan baru yg terkadang tidak terdapat di Negara kita. Banyak yg bias diamati dari sebuah pasar lokal, disanalah kita akan melihat wajah asli suatu Negara. Biasanya saya memilih makanan yg benar2 tidak ada dinegara sendiri, apapun itu. Jangan takut memakannya, kecuali anda memiliki masalah kesehatan atau alergi atau alasan syariah keagamaan. Hal itu untuk berjaga2, supaya tidak mengalami diare atau alergi yg dapat merusak hari liburan anda.
 
 

Makan dipinggir jalan dan di Pasar adalah pilihan terbaik
5. Menu makan siang. Salah satu tip mencari makan siang yg enak adalah bertanya pada orang kantoran/pekerja setempat. Biasanya mereka akan senang hati menunjukan tempat makan yg enak buat kita, dan biasanya juga nech harganya terjangkau. Untuk siang begini makannya enaknya di pusat kota, kita bias melihat beragam aktifitas ekonomi di sekitranya.

Babi guling Dobiel, tempat makan local terbaik hasil info masyarakat lokal

6. Menu makan malam. Makan malam enaknya ditempat yg lebih tenang/romantis gitu, jadi suasana makan lebih enak dan nyaman. Biasanya ditempat wisata ada best view point/ pinggir sungai/laut, misalkan kalo dibandung di daerah Dago Atas, Suasanya disana biasanya menarik untuk di lihat.


Tunka Café, ranghill Phuket..




7. Untuk nambah informasi, rajin rajinlah browsing , buka web2 yg menyajikan informasi makanan enak.