Translate

Krabi dan Aonang Beach, Railay Beach

Kali ini dalam perjalan honey moon kesekian kali, kami memilih Krabi. kebetulan ada promo besar dari air asia, biasalah pesawat sejuta umat. jalur pesawat kami Jkt-KL-Krabi-KL-JKT.

Krabi salah satu daerah wisata di Thailand yang cukup menarik, agak sedikit bertolak belakang dengan Phuket yang hingar bingar dengan dunia gemerlap, karbi lebih tenang. Cocok untuk yang bawa anak anak dan berumur, tapi buat yang muda ngak kalah juga banyak tempat petualangannya.

HARI PERTAMA
Night Market Krabi Town
Pkl. 17:00-21:00 Tiba di Krabi, saya memilih untuk menginap 1 malam di krabi Town untuk merasakan kehidupan disana. Kota yang tidak terlalu besar, tapi cukup enak untuk dijalani. Kebetulan kita tiba dihotel sudah agak sore sekitar jam 16:00, setelah istirahat sebentar, mandi, kami keluar untuk melihat2 sekitar hotel. Kalau di Krabi Town hiburan malamnya  adalah pasar malam ( night market ). Disana isinya makanan semua, terutama didonomasi makanan non halal dan sea food. Harga makanan relative murah, rasa enak, isi banyak,, jadi udah klop banget sama leher dan perut orang indo.

babi Panggang, dari congor
hingga buntut
Kerang Hijau, besar besar disana

Sate Babi,, enak..!!!
Ayam Pandan

Gorengan kulit ayam

Kue Thailand

kelapa Bangkok

Pasar malamnya sendiri buka sampe tengah malem, berhubung berangkat pagi subuh dari Jakarta, kami putuskan kembali ke hotel untuk istirahat.

HARI KEDUA

Rencananya siang ini kami akan menuju pantai Aonang. Sehubung Check ini masih jam 14:00 dan hanya perlu 30 menit dari krabi town ke Aonang, jadi kami putuskan menjelajah kota krabi.

Kera pengatur lampu merah, icon krabi town
Pkl. 08:00, Bagun pagi suasana agak mendung dan grimis. kami membeli voucher hotel sengaja tidak dengan breakfast, krn menurut kami breakfast terbaik kalau lagi jalan jalan adalah makan di tengah pasar bersama masyrakat local. Jadi kami tanyakan ke hotel dimana pusat pasar di krabi,, eh ternyata lokasi yang sama dengan pasar malam,,, ya udah langsung dach kita berangkat kesana....

Diperjalanan kami menemukan resto chinesse food,, kita tertarik sama kaki babinya, yang katanya terkenal .. akhirnya kita putuskan makan kaki babi seporsi. wah mantap dach rasanya

Kaki Babi Masak Arak
Babi Panggang

Pukul 09:00 Setelah puas makan, kami berjalan menuju spot turis di krabi town,, kita wisata mangrove,, kebetulan itu lagi low season, kami nyewa perahu 650 bath ( 250 rb ) untuk private tour,, sebuah harga yang cukup murah.

Mangrove Tour :

Tujuan pertama kita adalah melihat kera ( ini sich di indo banyak ,, cuma ngak dijual sebagai atraksi turis ). Keranya ngak senakal yang ada di Bali, terlihat lebih jinak. Pemandu kami sudah siapkan pisang untuk menarik kera menghampiri kapal.

Destinasi berikutnya Khanabnan Eco Turism, disana ada beberapa spot antara lain gua pra sejarah, gua yang tembus ke tebing laut. Sayang cuaca agak hujan. tempatnya cukup enak buat berpetualang.

Setelah puas foto2 dan menjelajah, kami lanjutkan ke desan nelayan, melihat rumah2 nelayan yang dihidup diatas air dan juga burung elang.

Waktu sudah menunjukan pukul 11:30,, waktunya makan siang...yeah... setelah foto sama kepiting dan burung elang, kita jalan kaki kembali ke pasar. Kali ini bertekad makan makanan local. akhirnya ketemu. Mirip makanan sunda, isinya semua daun, mint dan toge, cara pesennya juga unik, kuah bumbu makan sepuasnya, hanya bayar bihun atau nasinya, pkus gorengan atau makanan pelangkapnya. Minuman tech free,, dan lebih anehnya lagi harganya 30 bath saja ( 10 ribuan sepuasnya ). tapi rasanya enak banget, makanan kaki lima tapi bersih kayak di resto. Inilah enaknya kalo brani makan di pinggir pasar.

Pukul 12:00, Waktunya check out menuju Aonang Beach....Dengan menyewa mobil +- 250rban kita menuju aonang beach. Anoang pantai yang landai dengan ombak yang besar. Pantai menghadap barat, jadi pas banget ketemu sunset. Cuaca cukup panas. Enaknya Aonang, suasana lebih tenang dan sopan, mungkin karena mayoritas penduduk disini Muslim. Hiburan malam tidak sevulgar Phuket. Cocok buat liburan keluarga.

Pukul 14:00, Agaknya perjalanan kali ini agak kurang tepat waktu, hujan deras mengguyur pantai aorang, jadi kita ngak bias main di pantai. kami putuskan istirahat dihotel untuk menunggu hujan reda. 2 jam kemudian hujan baru reda. Karena sudah kesorean, kami putuskan untuk berjalan2 menyusuri jalan utama yang memang cuma 1 jalan saja, jadi dari ujung ke ujung kami eksplore. Sepanjang jalan kami menemui orang berjualan souvenir, sementara diseberangnya langsung berhadapan dengan laut.

Hari Ke 3

Hari ke Tiga ini kami berharap cuaca lebih bersahabat, ternyata ngak tuch hehehe bagun tidur suasana mendung,, tapi kami beranikan diri main dipantai,, sepi... enak kayak private beach heheheheh.... ngak ada orang sama sekali.
Ombak cukup besar, jadi agak serem juga berenang. Kami menyusuri pinggir pantai. Ngak lama kemudian kemi kembali ke hotel untuk breakfast. Pukul 10an matahari mulai bersinar, kebetulan juga kami harus check out untuk pindah ke hotel yang berbeda. Kali ini kita pindah ke Peace laguna Resort Hotel yang sangat bagus, keren!!!

Kami menyewa private cottage. Fasilitas kamarnya keren abis. Dengan view yang indah. Kebetulan waktu kunjungan kami sedang low season, jadi kolam renang serasa milik pribadi. Setengah hari kami habiskan untuk menikmati fasilitas hotel dan pemanangannya.

Aonang Beach
Hari ke Empat. Wah senang hari ini matahari bersinar terang, burung2 berkicau snang... waktunya hoping. Pagi pagi jam 7:00 kita pergi sarapan, trus main kepantai dan  putusin beli tiket menuju railay beach dengan menggunakan perahu,, Tiketnya bisa dibeli di pos penjualan yang berada di ujung jalan besar. Railay beach adalah sisi yang berbeda dari krabi. Walaupun satu daratan tapi ngak bisa ditempuh jalan darat karena terhalang tebing kapur. Railay beach ada dua sisi, east dan west. Disana juga ada penginapan, tapi berhubung akses yang sulit , saya tidak menyarankan buat orang tua atau yang memiliki keterbatasan bergerak. Setelah mendarat , kami memutuskan untuk mencari makan siang di sisi timur, kita jalan kaki cukup jauh masuk hutan, untuk bisa tembus sisi timur. Pantai disisi timur lebih berlumpur maklum karena hutan mangrove disana.

Railay Beach sisi timur, pantai lebih berlumpur

Mie Siam
Nasi Goreng Nanas
Tom Yam Soup

Setelah makan siang, kira kira pukul 13:30, kami kembali ke sisi barat, untuk menikmati pantai berpasir. Ombak besar dengan pasir putih, pas banget dach buat liburan.

Pukul menjunjukan 16:30, kayaknya musti segera kembali, kuatir ngak dapet kapal. Akhirnya kita putusin kembali ke pantai aonang dengan kapal, waktu tempuh lebih lama karena mulai berombak.Agak serem juga sech...tapi melihat nahkoda nyantai2 aja,, ya udah jadi tenang hati...

Pas pulang ternyata dipinggir jalan ada semacam night market versi kecilnya,, cuma ada beberapa pedagang. Tapi dari semua pedangan yang paling menarik adalah Pedangang buah duren Bangkok!!!

Pkl 19:00 Setelah istirahat, kami lanjutkan petualangan dengan menyusuri pasar malam. Cuma sayangnya disini ngak ada yang jual makanan seperti di krabi town. Hari ini kita tutup dengan wisata belanja, dan nongkrong di pinggir pantai.

Hari Ke Lima

Hari ini Juga caria benar ,,, pagi pagi kami berenang kembali di pantai dan menyusuri pantai menuju arah selatan,, secara tidak sengaja kami menemukan tangga yang kalau disusuri akan mencapai pantai centara Beach. Kita harus naik tangga melewati bukit,,, wah lumayan juga perlu kuras tenaga, tapi hasil pemandangannya juga mantap.!!! Hari mulai terik jadi kita kembali ke hotel. Nach enaknya ini hotel punya fasilitas sepeda,, ehm enak juga kali ya kalo misalkan kita keliling aonang naik sepeda,, maka segeralah kita mandi dan ganti baju... ganti petualangan dengan bersepeda.. weh.. seru juga , meskipun sedikit ngos ngosan karena anoang itu jalannya berbukit2. Kita yang relative buta sama aonang banyak menemukan spot2 menarik.

Hari ke Enam, Liburan berakhir,, eits,, tapi masih nanti malam baru berkhirnya setelah sampai rumah diJakarta. Ini masih pagi waktunya berenang kembali ke pantai dan kolam renang,, yang tentunya masih private pool and beach... ini enaknya liburan kalo musim low season.. serba murah dan tidak sumpek.

Krabi salah satu destinasi yang layak anda perjuangkan untuk dikunjungi!!!