Translate

Catatan Liburan, di Bali - 22 Juni - 1 Juli , 2015, Hari Ke Sembilan dan Sepuluh

Kuta, Mungkin sudah ratusan bahkan ribuan blog yang membahas keindahan kuta, tapi blog saya ini akan membahas kuta dari sisi yang berbeda, sisi yang lebih manusiawi dan ramah lingkungan dari pada sisi komersial menjual kuta.

Kuta ada destinasi fav. Turis asing kelas menengah ke bawah dan turis Lokal. Kuta itu pusatnya hiburan malam di Bali. Fokus utama wisata kuta adalah pantai dan belanja. Sepanjang jalan kuta isinya toko souvenir saja. Tapi walaugimanapun juga , ngak afdol rasanya ke bali kalo ngak injek air laut kuta.

Spot Time terbaik di kuta adalah sunset dipinggir pantai, kalo lagi hoki bias dapat matahari yang bulat. Sayang waktu saya kesana sedikit berkabut.

Untuk liburan kali ini, sehubung udah keliling bali selama 8 hari, saya memutuskan untuk menghabisakan sisa waktu menikmati pantai kuta dan berjemur dari pagi sampe sore. Ehm ternyata banyak juga loh yang menarik kalo seharian nongkrong disana.

Berleha-leha

Kuta itu cocoknya buat orang yang mau berleha leha, bukan berlelah lelah,, dengan ongkos sewa Rp. 50.000an seharian kita udah bisa sewa papan seluncur, trus jng lupa beli minum dipinggir pantai kuta biar anda bisa duduk2 dengan lebih nyaman. Makan ice cream, minum soft drink, diurut dan dikepang adalah pilihan2 yang ada untuk melehakan diri dikuta, termasuk makan jagung bakar, atau rujak buah atau buah potong.

ECOTURISM, spot ini adalah bagian favorite saya saat mengunjungi kuta.Kalo liburan ke kuta itu, imagenya pasti pantai, dugem, bule, surfing, padahal ada kegiatan yg menarik juga loh diikuti, pelepasan tukik ( kalo ngak salah untuk sebutan penyu yang baru lahir ). Lokasinya persis dibelakang hotel grand inna. memang tidak setiap hari ada, tapi pasti ada kalo ada telur penyu yang menetas, kebetulan liburan kale ini punya kesempatan 2X liat pelepasan penyu, ada 300an dihari pertama dan 500an dihari kedua yang dilepas. Kita bisa antri untuk dapatka...n anak penyu secara gratis, dan ada sedikit ceremony sebelum pelepasan. waktunya kira2 pukul 16:00an, pokoknya saat matahari mau tenggelam, sebelum bulan muncul ( itu kata guide nya ). Jadi buat yang mau ke kuta, sabar dikit tunggu sampe sorean, bisa ikut atraksi ini. 1.000 penyu cuma balik 1 loh yang kembali bertelur, itu pun perlu waktu 14 tahun mendatang, sisanya mati dimakan pemangsa khususnya kita kita ini nech yg suka makan telur penyu. STOP makan penyu ya.... Adanya penangkaran penyu dan pelepasan tukik adalah sesuatu yang sangat menarik dan patut di ikuti.

MAKAN

Breakfast terbaik adalah dihotel, krn kalo pagi2 aga sulit cari makanan disana. Salah satu hotel dengan spot terbaik dikuta adah grand ina yang punya lokasi langsung didepan pantai kuta. Sehingga waktu breakfast bisa liat laut. Panta kuta kalo pagi hari ombaknya sangat tinggi, agak sedikit berbahaya buat anak anak. Tapi bagus buat peselancar. Tidak banyak lokasi wisata alam yang bisa dikunjungi dikuta selain pantai. jadi biasanya kita menghabiskan waktu dengan cara berjemur dan berenang.

Lunch, nach kalo lunch banyak nech pilihan di kuta. Kali ini saya pilih yang bener bener murah meriah kenyang banget, cuma Rp.8.000,- sebungkus. Belinya dilorong pasar seni kuta, letaknya diujung jalan. Namanya nasi rames, yg jual mbok mbok pake bakul. Rasanya enak juga. Paling enak menikmati makan siang dipinggir pantai. Kalo kita beli minuman, biasanya kita langsung dikasih tempat duduk, dan bias menikmati pantai dengan leluasa. Penjual minuman disana udah professional nangani turis, jadi jangan kuatir. Memang harga sedikit lebih mahal, tapi wajarlah, namanya juga tempat belibur.

Dinner, Untuk makan malam, menunya sama juga, saya beli dipinggir jalan, kali ini agak mahalan dikit 20.000,- tapi menunya lengkap mirip babi guling. Saya beli ditempat yang sama tapi kali ini di pintu masuknya pasar seni kuta. Kali ini yang jual adalah ibu2 pakai motor. Kata beliau sich dia jualan cuma malem doing aja.

View , Kuta salah satu lokasi terbaik di Bali untuk mengambil matahari tenggelam. Dibawah ini beberapa foto dari saya untuk anda, semoga jadi referensi dan inspirasi mengunjungi pulau dewata ini.

Belanja Souvenir. kayaknya ngak afdol kalo nga bawa buah tangan setiap jalan jalan. nach kalo saya pribadi lebih senang belanja di tempat yang harganya udah pas, ngak dimahalin dan murah dan beragam. Salah satunya ya di Krisna. Disana banyak sekali jenis souvenir dari pajangan hingga makanan.