Translate

Penang, Tempat yang harus di kunjungi di Penang ( Bukan sekedar berobat )

I love penang,, penang itu kota yang penuh makanan dan history. Setiap kali kunjungi penang saya seperti kembali ke kampung halaman.( gimana juga 12,5% ada turunan penang dari nenek saya dari sisi mama ). Penang itu wajah asli dari Singapore, kalo Singapore udah kapitalis banget, nach penang itu masih asli asia, dimana china(Kristen-budha) melayu/muslim dan india (Kristen/hindu) jadi satu tanpa harus berantem. Memang sich mayoritasnya etnis china, budha, jadi suasananya kentel bener bernuansa china. Disana kita akan melihat apa itu pembauran tidak ada sekat entnis yang dibatasi masalah ekonomi, disana anda akan melihat supir taksi, cleaning service, tukang sampah , penjual sayur dari beragam entnis yang agak jarang kalo kita temui kalo di Indonesia.
 
Penang kota yang cukup aman dijelajahi sendiri. Panduan wisata sangat jelas, harga tranportasi sudah terstandarisasi.
 
Jalan jalan ke penang itu intinya cuma wisata kuliner dan budaya, sedikit alam. Dibawah ini beberapa lokasi yang musti  must harus dikunjungi kalo anda kesana.
 
http://www.tourismpenang.net.my/index.php/attractions1. George Town, ini adalah kota tua pusat pemerintahan, peninggalan penjajah Inggris. Pemerintah Malaysia cukup cerdas memanfaatkan keterbatasan keindahan alam mereka ( dibandingkan keindahan Indonesia ) dengan menjual wisata budaya sejarah. Kota itu suasannya seperti kota biasa, cuma gedungnya sangat tua dan tidak boleh dibongkar. Renovasi saja tidak boleh merubah bentuk asal.
 
Jalan2 dikota ini enaknya pagi hari atau menjelang sore kira2 pukul 17:00 ( oh ya jng kuatir jam 5 sore mereka mirip kayak kita jam 3 siang ) jadi anda cukup waktu buat keliling. Pemerintah setempat menyediakan transportasi bus gratis buat wisata ( mungkin ini yang ditiru mr ahok di Jakarta ), dari satu spot wisata ke spot berikutnya, naik dari komtar
 
 








 

2.  Khoo Kongsi clanhouse,  lokasinya masih sekitar George town, tepatnya dijalan Armenian. Ini adalah rumah orang kayanya penang zaman dulu. Keren buat foto2, lihat budaya dan kehidupan china abad 19an. Disana ada diorama dan rumah abu.
 





 3. Bukit Bendera / Penang Hill, Daerah pertambagan tua yang diubah jadi lokasi wisata. Anda akan disuguhi Pemandangannya bagus, sayang waktu kesana sedang berawan. Kalau mau kesana ada baiknya menjelang senja, jadi fotonya bisa bagus. Jika mau kesana bisa menggunakan bus dari komtar. Menaiki bukit bendera bisa menggunakan mobil, tapi lebih asik pakai kereta. Di puncak bukit ada museum owl, unik juga krn semuanya isinya burung hantu. Selain foto, jng lupa luangkan waktu duduk ngopi, cafenya keren menghadap kota penang. Pas banget buat istirahat.















4. Botanical Garden. Taman ini konsepnya wisata alam, lumayan juga buat anak2, mereka bisa merasakan sensasi jalan di tengah hutan, Cukup menarik.



5. Butterfly Farm. Taman ini ngak jauh dari Botanical garden. taman ini konsepnya adalah penangkaran kupu2. asik juga jalan jalan dikelilingi kupu2 yang beraneka warna.